Motor Diesel 4 Langkah dan 2 Langkah
Motor Diesel
Suatu
Motor pembakaran dalam jenis torak dimana cara pembakaran bahan
bakarnya dilakukan dengan cara Menyemprotkan /Menginjeksikan bahan
bakar ke dalam udara yang memiliki tekanan dan temperatur tinggi akibat
dari kompresi udara murni di dalam silinder.
BeRdasarkan Siklus Kerja:
Motor Bakar Sistem Dua Langkah
Suatu
motor Pembakaran dalam jenis torak dimana untuk menghasilkan kerja
memerlukan dua langkah torak atau satu putaran poros engkol.
Cara kerja motor diesel dua langkah
Langkah pertama (torak dari tma menuju tmb)
Sesaat sebelum torak mencapai TMA terjadi Penyemprotan/Injeksi bahan bakar, di susul proses pembakaran sehingga (T) & (P) , mendorong torak menuju TMB dan memutarkan poros engkol.
Karena torak menuju TMB (V) &(P) ¯ berakhir ketika ujung atas torak melewati saluran buang dan terjadi penyesuaian (P), sehingga gas sisa pembakaran keluar sampai
(P) dalam silinder= (P)atm.
Ketika saluran buang masih terbuka, saluran bilas terbuka dan
udara murni yang ada pada ruang bak engkol mengalir kedalam silinder, hal ini terjadi karena (P) di luar bak engkol akibat saluran pengisian tertutup.
Langkah kedua (torak dari tmb menuju tma)
Torak bergerak dari TMB menuju TMA, dimana
pengisian udara murni terus berlangsung selama saluran bilas terbuka,
sama halnya pengeluaran gas sisa pembakaran juga terus berlangsung
sampai torak menutup saluran pembuangan. Setelah saluran bilas dan
saluran buang tertutup, mulai terjadi proses kompresi udara sampai
sesaat torak mencapai TMA, di susul oleh penginjesiaan bahan bakar
sehingga terjadi pembakaran.
Cara kerja motor diesel empat langkah
1. Langkah masuk ( intake stroke)
yang terjadi adalah :
-Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
-Katup masuk terbuka dan katup buang tertutup.
-Karena
piston bergerak ke bawah maka di dalam silinder terjadi kevacuman
sehingga udara bersih akan terhisap dan mengalir masuk ke dalam ruang
silinder melalui katup masuk.
2. Langkah kompresi (compression stroke)
yang terjadi adalah :
-Piston akan bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
-Kedua katup (katup masuk dan buang) tertutup.
-Karena
piston bergerak ke atas dan kedua katup tertutup maka udara bersih di
dalam silinder akan terdorong dan di mampatkan di ruang bakar,
akitaanya tertekan dan temperatur udara menjadi tinggi.
3. Langkah injeksi (ignition) dan langkah pembakaran (combustion stroke)
a. Pembakaran awal
pada
akhir langkah kompresi sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas),
injector akan mengabutkan bahan bakar dan akan berbampur dengan udara
yang tertekan dan bertemperatur tinggi (700-900 C) dengan tekanan 70-90
kg/cm3.
b. Pembakaran sempurna
karena
tekanan dan temperatur yang tinggi maka bahan bakar akan terbakar
dengan sendirinya di dalam ruang bakar, hal ini akan menimbulkan daya
dorong sehingga piston akan bergerak dari TMA ke TMB.
4. Langkah buang (exhaust stroke)
yang terjadi adalah :
-Piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
-Katup
buang membuka dan katup masuk tertutup, karena piston bergerak ke atas
maka gas sisa hasil pembakaran akan terdorong ke luar melalui katup
buang.
Pembilasan pada motor diesel dua langkah
1. PEMBILASAN TUKIK
a. Mempergunakan cara pembukaan dan penutupan lubang yang simetris.
b. Tekanan efektif rata-rata biasanya ;lebih rendah dari yang menggunakan cara pembukaan dan penutupan lubang yang tidak simetris.
c. Daya persatuan berat motor lebih tinggi karena tidak dilengkapi alat khusus untuk membuka dan menutup lubang.
2. PEMBILASAN TUKIK BALIK
a. Lubang di atas lubang isap, pada sisi ynga sama.
b. Biasanya digunakan pada motor dengan dimensi besar.
3. PEMBILASAN RUANG ENGKOL
a. Udara dalam ruang engkol di tekan torak ketika bergerak dari TMA menuju TMB
b. Ketika
bagian atas torak melewati lubang bilas maka udara segar masuk ke
dalam silinder dan mendorong keluar gas sisa pembakaran.
4. PEMBILASAN DENGAN POMPA CENTRIFUGAL
a. Popa bilas sentrifugal di gerakkan okeh motor tersendiri.
b. Tekanan udara yang masuk kedalam silinder sebanding pangkat dua dari putaran pompa.
Ruang bakar motor Diesel
Ruang
bakar di rancang untuk mendapatkan suatu proses pembakaran sempurna
dan mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yng homogeny. Jika
dibandingkan dengan motor bensin, ruang bakar motor diesel sangat
rumit. Hal itu di sebabkan, pada motor diesel hanya udara saja yang
dikompresikan dan bahan bakar di injeksikan pada akhir kompresi. Hal ini
mungkin memerlukan waktu.
Bahan bakar motor Diesel
Bahan bakar motor diesel biasa disebut gas oil atau ligh oil
atau solar. Bahan bakar ini merupakan suatu campuran hidrokarbon yang
telah didiestilasi setelah bensin dan minyak tanah dari minyak mentah
pada temperature 200
sampai dengan 340
.


0 komentar:
Posting Komentar